Jajanan berbahan kimia berbahaya harus dihentikan


Bupati Wonogiri, H Danar Rahmanto menginstruksikan jajarannya agar menyikapi secara tegas hasil uji laboratorium terhadap sampel jajanan anak yang ternyata mengandung bahan kimia berbahaya. Kalau perlu jajanan seperti itu harus dilarang diperjualbelikan, apalagi di sekitar lingkungan sekolah.

Ditemui wartawan seusai mengikuti rapat paripurna di Gedung DPRD, Senin (1/8/2011), Danar dengan tegas meminta para pedagang jajanan agar berhenti menjual jajanan yang mengandung bahan berbahaya atau menggantinya dengan bahan-bahan lain yang tidak membahayakan kesehatan.

“Bahan-bahan kimia seperti formalin, siklamat dan sejenisnya kan sebenarnya sudah dilarang karena berbahaya bagi kesehatan. Jadi kami minta pedagang tidak lagi menggunakan bahan-bahan seperti itu. Kan masih ada bahan-bahan lain yang lebih aman dikonsumsi,” katanya.

Danar mengakui memang tidak mudah untuk mengarahkan pedagang agar menjual jajanan yang sehat karena biasanya bahan-bahan untuk makanan yang sehat seringkali lebih mahal dan kurang praktis. Namun, sedikit demi sedikit hal itu harus mulai dilakukan. Pemkab pun berkomitmen terus berupaya mencari solusi lain yang lebih menyehatkan bagi masyarakat, khususnya anak-anak, dan tidak merugikan bagi pedagang.

Seperti diberitakan, KKP Wonogiri belum lama ini mengirimkan sejumlah sampel jajanan anak ke Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Surakarta untuk diuji kualitas dan kelayakan konsumsinya. Dari hasil uji sampel yang antara lain terdiri atas tempura, cilok, bakso goreng, sosis, cimol dan es sirup itu, ternyata ditemukan sejumlah kandungan bahan berbahaya seperti siklamat pada es sirup dan formalin pada sosis dan tempura.

Menindaklanjuti temuan itu, KKP kemudian mengadakan pertemuan dengan kalangan pedagang jajanan pada Sabtu (30/7/2011). Para pedagang itu diberi pembinaan dan sosialisasi mengenai bahan-bahan kimia yang berbahaya yang tak boleh digunakan pada makanan dan efek yang ditimbulkan dari penggunaan bahan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: