Pengiriman kayu hutan rakyat ke luar Wonogiri meningkat


Pengiriman kayu dari hutan rakyat Wonogiri ke sejumlah sentra industri mebel di Soloraya dan Jepara pada paruh pertama 2011 ini mengalami peningkatan hingga 25%. Peningkatan tersebut terlihat dari jumlah surat keterangan sahnya kayu bulat (SK-SKB) yang dikeluarkan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun).

Kepala Dishutbun Wonogiri, Sri Jarwadi, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (3/8/2011) mengungkapkan saat ini dalam sehari pihaknya rata-rata mengeluarkan 50 SK-SKB atau naik 25% dibandingkan tahun sebelumnya di mana dalam sehari rata-rata 40 SK-SKB. Satu lembar SK-SKB digunakan untuk satu truk kayu yang akan dibawa keluar.

Dengan jumlah kayu berkisar 4-5 kubik/truk, maka dengan 50 truk/hari dalam sebulan ada 6.000-7.500 kubik kayu dari hutan rakyat yang diangkut keluar Wonogiri. Kebanyakan merupakan jenis kayu jati, mahoni, akasia dan sono. Sedangkan daerah tujuannya adalah Serenan dan Tulakan (Sukoharjo), Kalijambe (Sragen), Cepogo (Boyolali), Juwiring (Klaten), Karanganyar dan Jepara.

“Peningkatan tersebut disebabkan cuaca yang tidak menentu pada tahun lalu, hujan terus-menerus, yang cukup berpengaruh pula pada kondisi perekonomian dan kemampuan orang membeli mebel dan produk kayu. Permintaan paling banyak tentu saja kayu jati, sebab di Wonogiri ini jumlahnya ternyata cukup banyak,” jelas Jarwadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: