Buntut aksi warga, tim survei Bendungan Pidekso segera adakan sosialisasi


Tim survei review designpembangunan Bendungan Pidekso, Giriwoyo Wonogiri, dipastikan akan mengadakan sosialisasi kepada warga awal pekan depan. Sosialisasi ini sebagai jawaban atas aksi penolakan warga dengan menghentikan kegiatan pengeboran, Minggu (31/7/2011) lalu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (PESDM), Arso Utoro, saat ditemui wartawan, Kamis (4/8/2011). Arso mengaku sudah mendapat laporan mengenai aksi penolakan warga dengan menghentikan aktivitas pengeboran yang dilakukan tim dari rekanan yang ditunjuk pemerintah. Menurut Arso, aksi itu disebabkan karena kesalahpahaman belaka. Warga belum mendapat sosialisasi yang benar mengenai kegiatan itu.

“Hari ini tadi tim dari Metana Consultant yang dikirim pemerintah ke sana baru rapat membahas rencana sosialisasi kepada warga. Rencananya besok Senin (8/8/2011) sosialisasi akan diadakan dengan mengundang seluruh warga masyarakat di empat desa yang berpotensi terkena pembangunan bendungan,” kata Arso. Dalam sosialisasi itu, lanjut Arso, akan dijelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan, termasuk dampak dari alat-alat berat yang akan didatangkan ke lokasi. Akan dijelaskan pula mengenai rincian lokasi alternatif II dan III.

Sementara itu, Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto meminta kegiatan survei dalam rangka review design pembangunan Bendungan Pidekso di Giriwoyo diminta dihentikan sementara. Tim survei diminta memastikan terlebih dahulu bahwa warga telah memahami dan menerima rencana kegiatan tersebut. “Warga menolak kan karena tidak tahu. Mungkin karena belum ada sosialisasi. Karena itu saya minta kegiatan survei itu dihentikan. Paling tidak sampai ada sosialisasi yang jelas dan warga bisa memahami serta menerimanya. Yang jelas saya tidak mau ada keributan di sana,” kata Danar, saat ditemui wartawan, Kamis.

Selain itu, Danar menambahkan perlu dicari alternatif-alternatif solusi yang bisa diterima warga. Tentu saja, solusi itu berhubungan dengan manfaat yang mungkin bisa diperoleh warga jika pembangunan bendungan itu harus direalisasikan. Misalnya, warga yang tergusur dipindahkan ke lokasi yang bakal teraliri air dari bendungan itu untuk lahan pertanian mereka. Sehingga mereka benar-benar merasakan manfaat dari keberadaan bendungan itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: