Pembangunan Bendungan Pidekso terancam batal


Peluang bakal terealisasinya rencana pembangunan Bendungan Pidekso di Giriwoyo semakin mendekati nol.

Hal itu menyusul gagalnya dialog antara warga yang menolak dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) dalam pertemuan di Balaidesa Pidekso, Senin (8/8/2011).

Pihak BBWSBS sendiri yang telah mengirimkan tim survei ke salah satu titik lokasi bakal bendungan di Desa Pidekso tampaknya sudah menyerah dan memutuskan tidak akan meneruskan survei di wilayah itu.

Saat ini, mereka tinggal menunggu surat rekomendasi dari Bupati ke pemerintah pusat bahwa rencana pembangunan bendungan ditolak oleh warga untuk memastikan keputusan angkat kaki dari wilayah itu.

“Pihak balai besar tampaknya sudah menyerah. Mereka sudah setuju untuk tidak melanjutkan survei di wilayah Pidekso. Kemarin setelah pertemuan mereka sempat meminta bantuan kami untuk mencarikan lokasi lain. Saya sudah hendak mengantarkan mereka ke titik lain di Desa Gedongrejo tapi saat mau saya antar ke sana malah diikuti warga dari jauh. Akhirnya kami berbalik pulang,” jelas Kabid Pengairan Dinas Pengairan, Energi dan Sumber Daya Mineral (PESDM) Wonogiri, Ngadino, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (9/8/2011).

Pertemuan yang merupakan tindak lanjut dari aksi warga menghentikan paksa aktivitas pengeboran tim survei hari Minggu (31/7/2011) lalu itu, kata Ngadino berlangsung dalam suasana cukup panas.

Warga sama sekali tidak mau mendengarkan penjelasan dari pihak BBWSBS. Setiap hendak memberi penjelasan, langsung disahut oleh warga. Warga kemudian memberikan ultimatum agar selekasnya alat-alat bor yang sudah didatangkan untuk keperluan survei dibawa pergi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: