Kopi Luwak Mutakhir Hasil Teknologi Biofermentasi


Kopi Luwak (Civet Coffee) adalah kopi termahal didunia, kopi ini berasal dari hewan yang bernama luwak. Luwak ini gemar memakan kopi dan dengan insting yang sangat baik luwak memakan tidak sembarang kopi melainkan kopi pilihan. Lalu daging kopi dicerna di saluran pencernaan luwak, , sedangkan biji kopi terfermentasikan dan keluar bersama kotoran luwak. Biji kopi yang ada di kotoran luwak inilah yang dikumpulkan petani lalu dibersihkan dan dijadikan minuman kopi luwak.

Kopi Luwak ini sangat terkenal dan pernah ditayangkan di acara Oprah Winfrey Show, meskipun harganya sangat mahal tapi permintaan dunai sangat luar biasa besarnya, di Inggris kopi ini diracik bersama Jamaica Blue Mountain oleh Peter Jones, kopi ini laku seharga 50 poundsterling atau hampir Rp 1 juta rupiah.

Di beberapa Negara kopi luwak tidak boleh dikonsumsi karena prosesnya dianggap tidak higienis, karena itulah para peneliti mulai membuat terobosan baru, bagaimana cara agar populasi luwak terjaga tapi tetap bisa menghasilkan kopi luwak yang sama persis dengan proses aslinya, bahkan bagi penikmat kopi mengatakan lebih lembut & lebih berasa kopinya, “good taste… good health…” Read the rest of this entry »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: