Manfaat Teh Hijau


Polifenol banyak dikandung teh hijau dan antioksidan yang kuat. Teh hijau bermanfaat untuk melancarkan sistem kardiovaskular juga mencegah berbagai macam kanker & penyakit Alzheimer. Resiko pneumonia 47% lebih rendah & resiko kanker darah 42% lebih rendah dimiliki oleh para pecinta teh hijau.

Meminum teh hijau dapat menurunkan stress

Teh hijau mempunyai kelebihan lain yang sangat menyehatkan, yaitu dapat menghindari stres. Suatu penelitian telah dicoba melalui survei kepada sekitar 42 ribu orang jepang berusia diatas 40 tahun. Seusai mempelajari kuesioner tentang minuman yang sudah mereka minum & tingkat stres yang telah dirasakan (2700 peserta survei adalah penderita stress), jika mengkonsumsi 5 cangkir teh hijau setiap hari dari menurunkan stress 20%, itu yang ditemukan oleh para peneliti. Secara keseluruhan, jika kita ingin menurunkan stress, perbanyaklah minum teh hijau. Penemuan lain memperlihatkan bahwa peminum teh hijau, dengan mengkonsumsi harian 4 cangkir lebih, mempunyai risiko depresi moderat 44% lebih rendah.

Temuan sebelumnya dilakukan oleh Unilever dan penemuan kali ini akan sangat menguatkan, yang menyebutkan teh hijau memiliki L-theanine mempunyai efek samping relax pada otak. Gelombang alfa otak dirangsang oleh mengkonsumsi 50 mg L-theanine (setara dengan 2 atau 3 cangkir teh). Dengan meningkatnya frekuensi gelombang alfa otak, frekuensi gelombang beta yang berkaitan dengan ketegangan mengalami suatu penurunan.

Tips meminum teh hijau

– Biarkan teh hijau larut selama sepuluh menit.

– Teh hijau memiliki sedikit theine (mirip kafein yang ada didalam kopi). Bila kamu mau mengurangi kadarnya, celupkan teh hijau ke sedikit air panas selama 1 menit, lalu buang airnya. Selanjutnya celup ke air didalam cangkir yang mau kamu nikmati.

– Jangan dicampukan dengan susu. Efeknya dapat dinetralisir oleh susu.

– Hindari minum teh hijau sehabis makan, karena penyerapan zat besi dalam usus dapat dikurangi oleh teh hijau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: