Mengembalikan Perubahan Warna Kulit


Perubahan warna kulit dapat terjadi karena beberapa sebab, misalnya karena pengaruh sinar matahari, bekas jerawat, atau karena pecahnya pembuluh darah.

1. Perubahan Warna Kulit karena Pengaruh Sinar Matahari

Perubahan warna kulit ini dapat dikurangi dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, E, dan selenium, seperti asparagus, susu, kuning telur, sayuran berdaun hijau, jeruk, dan lemon. Makan-makan tersebut dipercaya mampu membantu mengembalikan perubahan warna kulit akibat sinar matahari.

2. Perubahan Warna Kulit karena Bekas jerawat

Perubahan warna kulit yang terjadi lebih dalam (bukan hanya di permukaan kulit saja) akibat adanya jerawat, dapat diatasi dengan cara yang alami, yaitu minumlah teh hijau setiap hari. Teh hijau banyak mengandung polyphenois yang berkhasiat untuk mengatasi kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV, seperti hiperpigmentasi. Teh hijau juga dapat menjadi sunscreen alami bagi kulit.

3. Perubahan Warna Kulit karena Pecahnya Pernbuluh Darah

Pecahnya pembuluh darah juga dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit. Oleh karena itu, jalan satu­satunya untuk mencegah agar warna kulit tidak berubah adalah mencegah agar pembuluh darah tidak pecah. Mengonsumsi makanan seperti daging sapi, ayam, sayuran berdaun hijau, jamur, kismis, kacang­kacangan, kerang, dan gandum, dipercaya mampu mencegah pecahnya pembuluh darah.

4. Menyamarkan Warna Kulit

Sinar matahari dapat menyebabkan warna kulit berubah lebih gelap. Untuk menyamarkan warna kulit dari noda-noda akibat sinar matahari ini, dapat dilakukan beberapa cara.

a. Dengan Menghilangkan Noda

Hiperpigmentasi termasuk masalah umum untuk perempuan dengan warna kulit yang lebih dalam dan penderita jerawat. Sekarang ini, para ahli telah menemukan hydroquinone, yaitu senyawa peng­hilang noda yang aman dan efektif jika digunakan secara tepat (beda dengan anggapan sebelumnya yang mengatakan hydroquinone tidak aman digunakan). Sebagian ahli dermatologi di Amerika menggunakan senyawa ini pada pasien. Oleskan gel hydroquinone pada bagian dengan bercak hitam.

b. Dengan Mengonsumsi Teh Hijau

Teh hijau kaya akan polyphenol, yaitu antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan sinar UV seperti halnya hiperpigmentasi.

c. Dengan Mengonsumsi Kacang Kedelai

Kacang kedelai mengandung sedikit protein yang dapat mencegah pigmentasi kulit. Gunakan produk yang mengandung ingredien kedelai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: