Terkait bursa calon direktur PDAM, Bupati dan Dewas hadapi dilema


Bupati dan Dewas hadapi dilema

Dilema melanda Bupati dan Dewan Pengawas (Dewas) PDAM Wonogiri menyusul segera habisnya masa jabatan Sumadi sebagai pejabat sementara (Pjs) direktur perusahaan daerah tersebut pada Selasa (2/9/2011) mendatang. Kedua pihak hanya punya waktu satu hari sebelum cuti bersama Lebaran untuk membuat keputusan.

Terungkap dalam rapat dengar pendapat (RDP) yang digelar antara Komisi B DPRD dengan Dewas PDAM, Kamis (25/8/2011), Dewas dan Bupati benar-benar berada dalam posisi terpojok. Masa jabatan Pjs direktur ditentukan hanya enam bulan dan sudah tidak bisa diperpanjang lagi karena dasar hukumnya tidak ada. Dengan demikian, mau tidak mau Bupati harus segera menetapkan pejabat direktur baru.

Dewas memang sudah mengajukan usulan nama calon direktur baru PDAM ke Bupati, yakni mantan yang juga Pjs Direktur PDAM, Sumadi. Pengajuan usulan tersebut untuk memenuhi kesepakatan dalam sidang gugatan di Pengadilan Negeri (PN) yang dilayangkan Sumadi terhadap Dewas. Namun, persoalannya ternyata tak sesederhana itu.

Jika Bupati menyetujui usulan calon Dewas yang hanya satu orang, maka itu berpotensi menimbulkan gugatan hukum lain. Sebab, proses penetapannya tidak sesuai dengan prosedur yang diatur dalam Permendagri No 2/2007, Perda No 2/2009, dan Peraturan Bupati (Perbup) No 12/2011. Ketentuan dimaksud, Dewas harus merekrut calon direktur secara terbuka melalui serangkaian tes seleksi lalu beberapa di antaranya yang lolos seleksi diajukan ke Bupati. Namun semua itu tentu tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu sehari.

“Selama enam bulan ini, kami bukannya tidak melakukan upaya. Kami sudah membentuk tim rekrutmen dengan melibatkan pihak ketiga namun gagal karena pihak ketiga itu mundur. Lalu kami berusaha membentuk lagi panitia rekrutmen dari internal Setda, namun tidak ada satupun yang berani masuk dalam kepanitiaan,” jelas  Kabag Perekonomian Setda yang juga anggota Dewas PDAM, Sumarjo.

Dengan masalah sepelik itu, RDP yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Wawan Setya Nugraha dan dihadiri Ketua Komisi B, Sugiarto dan segenap anggota, serta sejumlah pejabat terkait di Pemkab Wonogiri itu kemarin benar-benar berlangsung alot. Hampir semua usulan dan saran yang muncul dari kalangan anggota Dewan seolah membentur tembok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: