124 Desa akan gelar Pilkades


Pilkades-Warga di 124 desa di Wonogiri yang akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) seiring berakhirnya masa jabatan kepala desa setempat bisa berlega hati.

Pasalnya anggaran untuk pelaksanaan kegiatan itu telah dimasukkan pada Kebijakan Umum Anggaran, Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2012 walau jumlahnya turun dibanding tahun sebelumnya.

Dengan pengalokasian anggaran tersebut maka 132 desa di Wonogiri bisa menggelar Pilkades pada tahun mendatang. Rinciannya 8 desa telah dianggarkan pada KUA PPAS sedangkan 124 desa baru dianggarkan pada pembahasan KUA PPAS pekan ini.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Kabag Pemdes) Sriyono saat ditemui Espos, di pendapa Kabupaten Wonogiri, Kamis (25/8). Menurutnya, selain anggaran Pilkades, Pemkab Wonogiri juga mengalokasikan anggaran bagi perangkat desa yang purnatugas.

“Kami cukup lega, setelah anggota badan anggaran mengalokasikan anggaran tambahan Pilkades dan tunjangan penghargaan bagi perangkat yang sudah purnatugas pada sidang kemarin (Selasa).”

Lebih lanjut Sriyono mengatakan anggaran Pilkades per desa senilai Rp 16,5 juta atau lebih rendah dibanding tahun sebelumnya yang mengalokasi anggaran Pilkades senilai Rp 17,5 juta/desa. Karenanya, Sriyono berharap panitia melakukan efisiensi.

“Namun jika terdapat kekurangan masing-masing desa bisa menambah anggaran melalui DAD (dana alokasi desa-red) setempat,” jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: