HTC ChaCha, Ponsel Facebooker


Nama ChaCha memang terdengar agak berbeda dengan ponsel besutan HTC lainnya. Terdengar lebih ‘ringan’ dibanding Sensation, Desire, terlebih lagi Wildfire. Pun nama tersebut ternyata selaras dengan konsep yang ditawarkan.

Desain Unik

Seperti pada ponsel HTC lainnya, ChaCha pun ternyata memiliki finishing cukup baik. Ponsel yang digunakan memiliki warna putih, dengan perpaduan warna silver yang melekat pada bagian bodi yang berbahan metal. Terasa kokoh, dan perpaduan warnanya terkesan elegan.
Ponsel ini juga memiliki bentuk yang berbeda dari produk sejenis, bodinya sedikit melengkung dengan sudut lekukan tepat di bawah perbatasan keyboard dan layar. Lalu apa dampaknya?

Desain seperti ini ternyata bukan ditujukan sebagai pemanis tampilan, tapi demi kenyamanan penggunanya ketika mengetik. Sebab, layar yang sedikit melengkung ke depan jadi lebih enak dipandang saat mengetik, jemari pun bisa dengan bebas menekan setiap tombol.

Di bawah layar terdapat touchpad standar pada ponsel Android, home, menu, back dan search. Sedangkan tombol volume terletak di bagian kiri, tombol power di bagian atas, dan tombol kamera terletak di bagian bawah di antara tombol keyboard lainnya.

Keyboard nan Nyaman

Sekilas HTC ChaCha memiliki tombol qwerty yang tidak berbeda dengan ponsel sejenisnya, tapi setelah dijajal berbeda. Ponsel ini sedikit lebih nyaman ketimbang BlackBerry Onyx atau pun Nokia E72.

Hal itu disebabkan jarak tiap tombol keyboard yang lebih renggang, sehingga sangat mudah digunakan. Ditambah lagi, ponsel ini juga memiliki tombol empat arah panah seperti di komputer.

Selain digunakan untuk mengetik seperti biasa, tombol keyboard HTC ChaCha juga memiliki berbagai shortcut, terlebih lagi jika sudah masuk aplikasi Facebook. Bicara mengenai Facebook, ponsel ini pastinya bisa memanjakan Facebooker lantaran memiliki tombol akses khusus ke situs jejaring sosial tersebut.

Ketika pertama kali dipamerkan pada ajang Mobile World Congres (MWC) 2011 Februari silam, banyak yang menganggap tombol tersebut hanya sekadar jalan pintas, alias shortcut khusus yang merujuk langsung ke aplikasi Facebook.

Ternyata dugaan tersebut salah. Tombol Facebook pada HTC ChaCha memiliki fungsi yang lebih banyak, misalnya untuk berbagi konten.

Tombol Facebook pada HTC ChaCha akan berkedip ketika pengguna membuka sebuah konten yang bisa di-share pada Facebook. Misalnya ketika membuka laman situs, mendengarkan musik, atau membuka foto. Semua bisa diunggah ke Facebook dengan satu tombol.

Selain itu tombol ini masih memiliki beragam fungsi lainnya seperti, update status dengan sekali tekan tombol. Lalu pengguna bisa check-in dengan menekan tombol lebih lama. Menariknya, User Interface (UI) untuk Facebook ini telah dipermak oleh HTC. Meski ujung-ujungnya juga bermuara pada aplikasi Facebook bawaan Android.

Aktifitas ber-Facebook-ria pun dimanjakan dengan UI chatting yang tidak biasa. HTC membuatkan widget khusus agar tampilan Facebook Chat lebih menarik seperti pada BBM, WhatsApp, dan aplikasi instant messenger pada umumnnya.

Performa Baterai, Kamera, dan Dapur Pacu

HTC ChaCha memiliki baterai berkapasitas 1250mAh, terbilang kecil memang namun cukup mampu bertahan sekitar 8-10 jam dalam kondisi selalu online dalam jaringan 3G.

Untuk kamera, HTC ChaCha dibekali lensa sebesar 5 megapixel yang mampu menangkap gambar diam pada resolusi 2592 x 1944 pixels dan video 720×480 pixels. Ouw yah, ponsel ini juga dilengkapi kamera depan, namun jangan mengharapkan fungsinya sebaik kamera utama.

Namun yang menarik dari kamera ini adalah, disediakannya beragam opsi untuk menggunakan efek gambar. Pengguna juga bisa menyesuaikan tingkat cahaya, touch focus, hingga tingkat ISO yang diinginkan. Jika belum cukup puas, tinggal unduh beragam aplikasi tambahan yang mampu memaksimalkannya.

Sedangkan untuk kemampuan dapur pacu memang tak banyak yang bisa diharapkan pada ponsel ini. Prosesor 800Mhz yang diusungnya tak mampu untuk memutar video beresolusi 720 pixel dengan baik.

Namun untuk mengelola beberapa aplikasi sekaligus seperti membuka browser, Facebook, Twitter, email, di saat yang bersamaan ponsel ini sama sekali tidak terasa melambat. Masih cukup responsif.

Kesimpulannya, HTC ChaCha memang tidak dirancang untuk para pengguna yang mementingkan performa ponsel, melainkan bagi mereka yang gemar mengakses jejaring sosial seperti Facebook.

Tapi di luar fungsinya sebagai ‘ponsel Facebook’ HTC ChaCha tetap bisa digunakan seperti ponsel Android lainnya. Menyenangkan untuk berselancar di internet, mudah mengakses email, dan beberapa fungsi menarik lainnya.

Kelebihan:
+ Nyaman digunakan
+ Bentuk kokoh
+ Tombol Facebook

Kekurangan:
– Performa standar
– Kapasitas baterai dan memori kecil

Spesifikasi:
– Prosesor 800Mhz
– Sistem operasi: Android 2.3
– Memori: ROM 512 RAM 512
– Kamera: 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus, LED flash
– Layar: 2,6 inchi, 480 x 320 pixel capacitive touchscreen
– Konektifitas: HSDPA, Wifi, Blutooth 3.0, GPS

Kisaran harga: Rp 2,9 juta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: