Pengurus masjid kumpulkan zakat fitrah


Para pengurus masjid di Wonogiri dan Ngadirojo mulai mengumpulkan zakat fitrah dari umat Islam untuk dibagikan kepada yang berhak, Senin (29/8/2011).

Setelah terkumpul, sebagian zakat akan segera dibagikan sore harinya. Seperti yang dilakukan di Masjid Al Mukmin, Wonogiri dan Masjid Al Hidayah, Wonogiri serta Masjid Al Ikhsan, Ngadirojo.

Salah seorang pengurus Masjid Al Ikhsan, Kenteng, Ngadirojo, Didik Suryono menjelaskan, sebagian umat Islam di Ngadirojo ada yang mengikuti keputusan Muhammadiyah pada 30 Agustus dan ada yang menunggu hasil sidang Isbat dari pemerintah.

“Agar tidak berisiko kami (takmir masjid) mulai mengumpulkan zakat fitrah hari ini (Senin) dan sore hari dibagikan agar rukun Ramadan tidak hilang,” ujarnya.

Hal senada dikemukakan Samino, pengurus Masjid Al Mukmin, Wonogiri. Dia mengaku, Salat Id digelar sesuai keputusan pemerintah dengan alasan dirinya hidup di sebuah negara. “Salat Id tetap menunggu hasil sidang Isbat dari pemerintah namun pengumpulan zakat dimulai sekarang. Sebagian hasil pengumpulan zakat hari ini (Senin) pagi mulai didistribusikan namun akan diselesaikan sebelum Salat Id.”

Keduanya menyatakan bagi umat Islam perbedaan merupakan berkah.

“Umat Islam menjunjung tinggi solidaritas sehingga perbedaan tidak akan memicu perpecahan umat. Perbedaan justru rahmat,” kata Samino.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: