Warga dan nelayan Sendang nyalakan obor dan kembang api


Setelah sukses menggelar kegiatan upacara HUT ke-66 RI dan lomba dayung tradisional nelayan di perairan Waduk Gajah Mungkur (WGM), Masyarakat Gajah Mungkur (MGM) menggelar kegiatan pawai obor takbir dan pesta kembang api.

Kegiatan dalam rangka menyambut Idul Fitri 1432 H itu dilakukan di lapangan sepakbola, Kompleks WGM, Sendang, Wonogiri, Senin (29/8/2011) malam.

Sekitar seratusan warga dan nelayan membentuk barisan seperti pawai karnaval dengan membawa obor sedang yang lain mengikutinya. Sepanjang perjalanan mereka mengumandangkan takbir, tahmid dan tahlil untuk mengagungkan nama Allah SWT. Ketua MGM Wonogiri, Bondan Sejiwan Boma Aji mengatakan kegiatan itu diikuti oleh warga di 13 dusun yang ada di Desa Sendang.

Menurutnya, pesta kembang api dan pawai obor baru kali digelar. “Obor menjadi simbol pencerahan yang biasa dipergunakan masyarakat perdesaan. Di tengah isu globalisasi dan modernisasi, nyala obor masih relavan,” ujarnya.

Diakuinya, kegiatan tersebut diprakarsai Masyarakat Gajah Mungkur (MGM). “Pesta kembang api tidak identik hura-hura namun lebih kepada semangat memeriahkan sebuah hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat. Nyala kembang api sangat menghibur warga. Semua bertepuk tangan dan menikmati nyala kembang api. Kami juga berharap kegiatan ini bisa menggairahkan obyek wisata di Wonogiri, khususnya WGM.”

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri, Pranoto menyambut baik prakarsa tersebut. Menurutnya pawai 1.000 obor dan pesta kembang api akan menghidupkan obyek wisata WGM di waktu malam. Menurut mantan Kepala Bappeda ini, selama ini kehidupan malam di obyek wisata WGM belum digarap.

“Kami berharap, sepanjang waktu obyek wisata ramai sehingga memikat wisatawan untuk bermalam di Wonogiri. Jika obyek wisata ramai akan memberi manfaat ganda, baik di sektor pariwisata, kuliner, penginapan maupun perekonomian masyarakat sekitar,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: