Permohonan surat pindah meningkat hingga 700%


Permohonan surat pindah keluar yang diajukan warga ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Wonogiri sepanjang Januari-September 2011 naik hingga 700% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan itu terjadi pada permohonan surat pindah antarprovinsi. Sedangkan untuk permohonan surat pindah antarkabupaten naik sebesar 500%. Kepindahan keluar itu kebanyakan dilakukan karena mengikuti orangtua merantau atau karena mengikuti suami/isteri yang sudah lebih dulu tinggal di luar Wonogiri.

Data yang diperoleh Espos dari Bidang Kependudukan Dispendukcapil, Senin (5/9/2011), pada Januari-September 2010 hanya ada 210 permohonan surat pindah antarprovinsi dan 387 permohonan surat pindah antarkabupaten. Sedangkan pada Januari-September 2011 ini ada sebanyak 1.455 permohonan surat pindah antarprovinsi dan 1.524 permohonan pindah antarkabupaten.

“Surat permohonan pindah masuk atau datang juga ada peningkatan. Selama Januari-September 2010, ada 419 permohonan surat pindah masuk antarprovinsi dan 460 permohonan pindah masuk antarkabupaten. Sedangkan pada Januari-September 2011, ada 992 permohonan pindah masuk antarprovinsi dan 1.116 permohonan pindah masuk antarkabupaten,” tutur Kabid Kependudukan Dispendukcapil, Susilo Sedyono, mewakili Kepala Dispendukcapil, Soemarjoto, saat ditemui wartawan.

Susilo mengatakan warga yang mengajukan permohonan pindah masuk kebanyakan karena hendak mengikuti orangtua merantau dan berniat menetap di perantauan, atau suami yang mengikuti isterinya pindah ke luar kota dan sebaliknya. Sedangkan warga yang mengajukan permohonan pindah masuk kebanyakan merupakan warga Wonogiri yang pernah pindah ke daerah lain tapi kemudian pindah lagi ke Wonogiri.

“Tapi ada juga warga baru yang pindah ke Wonogiri karena pekerjaan atau karena ikut suami, isteri dan orangtua yang sudah lebih dulu pindah ke Wonogiri,” tambahnya.

Susilo menambahkan peningkatan tersebut belum termasuk permohonan yang diajukan setelah Lebaran ini. Biasanya, menurut Susilo, permohonan pindah, baik keluar maupun masuk, akan meningkat tajam sepekan setelah Lebaran. “Ini baru hari pertama masuk kerja, jadi belum terlalu tampak ada peningkatan. Sehari ini tadi baru ada tujuh permohonan pindah keluar antarkabupaten dan 12 permohonan pindah keluar antarprovinsi. Sedangkan permohonan pindah masuk, antarkabupaten dan antarprovinsi masing-masing empat permohonan,” jelas Susilo

One Comment to “Permohonan surat pindah meningkat hingga 700%”

  1. Saya ingin mendapatkan prosedur mutasi masuk ke wonogiri, sebelumnya saya adalah warga Sukoharjo selama 7 tahun ini saya tinggal di selogiri wonogiri mengikuti istri saya. Namun selama itu saya masih penduduk sukoharjo, saat ini saya mau mengurus kepindahan saya ke wonogiri, untuk saya minta informasi prosedur mutasi masuk ke wonogiri, sekaligus prosedur pembuatan KK dan KTP. terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: