UMK 2012 segera diusulkan


Hasil survei Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Wonogiri mengungkapkan kebutuhan hidup layak (KHL) sepanjang Januari-Juli 2011 rata-rata di atas Rp 800.000/bulan. KHL tersebut naik dibandingkan rata-rata tahun lalu yang hanya Rp 772.931/bulan.

Dengan kondisi tersebut, upah minimum kabupaten (UMK) Wonogiri hampir dipastikan akan naik pada 2012 mendatang. Namun, berapa besar kenaikan tersebut baru akan diputuskan dalam sidang Dewan Pengupahan yang direncanakan digelar 15 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Wonogiri, Sri Wiyoso, kepada wartawan, Rabu (7/9/2011) mengungkapkan saat ini tim dari Disnakertrans masih terus berkeliling melakukan survei kebutuhan hidup layak.

“Survei itu dilakukan setiap bulan di sejumlah pasar tradisional. Nanti hasilnya akan dirata-rata dan dibahas dalam sidang Dewan Pengupahan. Kami merencanakan sidang itu digelar 15 Agustus mendatang. Yang jelas, UMK tahun depan pasti akan naik karena KHL per bulannya juga naik,” ujar Sri Wiyoso.

Kabid Hubungan Ketenagakerjaan Disnakertrans, Edi Triyono mengungkapkan survei KHL dilakukan di empat pasar tradisional, yakni Pasar Pracimantoro, Pasar Wonogiri Kota, Pasar Jatisrono, dan Pasar Baturetno.

Survei dilakukan setiap bulan dengan menanyakan harga-harga bahan-bahan pokok, sandang, pangan, papan yang biasa dibutuhkan seorang tenaga kerja lajang maupun yang sudah berkeluarga setiap bulannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: